Ternyata Orang Indonesia Lebih Menyukai ‘Steak’ yang Matang

0
133

GayaDigital.com – Memang makanan seperti daging ‘steak’ selalu menjadi favorit pengunjung di setiap restoran. Sehingga tak jarang juga, hidangan ini menjadi pilihan untuk bersantap bagi keluarga maupun anak muda jaman sekarang.

Namun untuk penyajian daging ‘steak‘ banyak tingkat kematangan seperti rare, medium rare, medium, medium well, dan well done. Akan tetapi, tingkat kematangan manakah yang biasanya di sukai orang Indonesia ?

“Orang Indonesia biasanya suka di posisi medium well. Rata-rata orang Indonesia, saya lihat mintanya di posisi medium well atau well done,” kata Chef Roberstus Wisnu Untoro yang telah melanglang buana di dunia masak selama lebih kurang 25 tahun.

Ternyata Orang Indonesia Lebih Menyukai 'Steak' yang Matang
Ternyata Orang Indonesia Lebih Menyukai ‘Steak’ yang Matang

Medium well merupakan tingkat kematangan daging yang menyajikan perpaduan antara daging yang cukup empuk dan sisa-sisa juicy yang masih terasa. Pada tingkat ini, warna merah daging telah tersisa sedikit di bagian tengah.

Sementara well done, daging steak telah matang secara sempurna. Daging telah berwarna coklat, tekstur daging terbilang keras, dan sensasi juicy pada daging tak bisa terasa.

Sepanjang 25 tahun ini, orang Indonesia sukanya ke arah medium wellatau well done. Kalau sudah disajiin, mereka minta masak dimatangin lagi kalau masih empuk. Orang Indonesia juga gak terlalu suka warna merah-merah darah,” jelasnya.

Wisnu menyebut, hal itu berbanding terbalik dengan di luar negeri. Umumnya, orang-orang di luar Indonesia menyukai tingkat kematangan rare atau medium rare.

“Kalau orang luar negeri itu, makan daging sudah cukup dipanasin saja. Mereka sambil makan, minum red wine. Minuman itu kan bisa membunuh bakteri-bakteri di dagingnya,” ujarnya.

Karakteristik daging steak yang dimasak dengan tingkat kematangan rare adalah sebagian besar masih mentah, masih berwarna merah, dan daging masih terasa berair (juicy).

Sementara untuk medium rare, pada tingkat ini daging steak telah matang di bagian luar tapi masih banyak daging yang mentah pada bagian tengah.