Penduduk Gunung Kawi Tolak Pembuatan Film Horor ‘Gunung Kawi’

0
247

GayaDigital.com – Ada beberapa tempat untuk dijadikan tempat syuting film horor, namun warga Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kebupaten Malang, Jawa Timur menolak rencana pembuatan film berjudul Gunung Kawi. Film bergenre horor komedi itu dibuat oleh rumah produksi Digital Film Media.

Menurut Juru Kunci Pesarean Gunung Kawi Tjandra Jana, selain ditolak warga, keluarga besar pengelola atau juru kunci pesarean Eyang Jugo alias Kiai Zakaria ikut menolak syuting film yang direncanakan berdurasi 90 menit itu.

Penduduk Gunung Kawi Tolak Pembuatan Film Horor 'Gunung Kawi'
Penduduk Gunung Kawi Tolak Pembuatan Film Horor ‘Gunung Kawi’

“Warga kami resah karena di sini ada makam aulia (orang suci), wali, dan pelaku syiar Islam,”katanya.

Jana menjelaskan, cerita film yang disutradarai Nayato Fio Nuala itu dinilai melecehkan keberadaan pesarean Gunung Kawi kerena digambarkan sebagai tempat pesugihan yang lekat dengan kegiatan klenik untuk mencarai kekayaan dan jodoh.

Selain itu citra negatif ini tergambar dalam sinopsis film yang direncanakan berdurasi 90 menit. Film tersebut dinilai tidak sesuai dengan fakta dan sejarah keberadaan pesarean Gunung Kawi.

Setelah itu Jana mengetahui rencana pembuatan dan sinopsis film Gunung Kawi dari keponakannya pada Kamis pekan lalu. selanjutnya Jana dan beberapa kawan lalu mencari informasi lebih lengkap terkait pembuatan film itu termasuk sinopsisnya.

Jana menegaskan, hingga kini warga menolak rencana kedatanagn rombongan kru film untuk mengambil gambar dilokasi pesarean maupun di keraton Gunung Kawi. Rencananya, rombongan kru film akan tiba di Gunung Kawi pada 21 Juli 2016.